Kamis, 07 Juli 2011

jQuery Dasar

Kemampuan jQuery:

  1. Mempermudah akses dan manipulasi elemen tertentu pada dokumen, jQuery memiliki selector yang sangat efisien untuk mengakses suatu elemen tertentu pada dokumen yang selanjutnya bisa dimanipulasi dengan keinginan kita.
  2. Mempermudah modifikasi atau perubahan di tampilan halaman website / blog. biasanya untuk memodifikasi halaman web digunakan CSS ( Cascading Style Sheet ) namun kendalanya adalah CSS sangat dipengaruhi oleh browser yang digunan oleh user, sering tidak bisa tampil di browser tertentu, dengan jQuery semua itu bisa diatasi.
  3. Mempersingkat AJAX ( Asynchronous Javascript and XML ), ajax mampu mengambil informasi dari server tanpa melakukan refresh pada halaman website, artinya halaman web terlihat terganti secara otomatis. namun koding ajax sangatlah rumit dan panjang. jQuery dapat mempersingkat dengan ajax call.
  4. Memiliki API ( Application Programming Interface ), sehingga jQuery bisa memanipulasi content pada halaman web seperti perubahan teks, manipulasi gambar ( resize, rotari, crop),  sistem paging dll.
  5. Mampu merespon interaksi antara user dengan halaman web dengan lebih cepat.
  6. Meyediakan fasilitas untuk membuat animasi sekelas flash dengan mudah.
Bagaimana menggunakan jQuery ?

  1. Anda harus punya library jQuery, ( contoh: jquery-1.4.js ) yang bisa didownload di http://jquery.com
  2. Simpan file jquery tadi pada folder dimana anda menenpatkan file latihan yang lain dikomputer/latop anda, jika anda menggunakan jquey untuk online, file jquey harus anda diserver. biasanya dipanggil dengan konsep javascript. contohnya sebagai berikut: 

Link memanggil jQuery Lokal


Link memanggil jQuery online


sebagai contoh aplikasi jQuery dilokal sebagai beikut:
Ketik koding berikut dan simpan dengan  exention .html, untuk menjalankan klik ganda file tersebut. untuk bisa bekerja buat 1 folder yang berisi   file : jquery-1.4.js dan  file .html.




0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan dan komantar Anda.

newer post older post Home